Saturday 30 March 2013

Kristus Bangkit, Alleluia!



 PERJALANAN MENUJU KEBANGKITAN DALAM LITURGI PEKAN SUCI



Puncak perayaan terbesar adalah Hari Raya Kebangkitan Kristus. Malam Paskah dirayakan dengan sangat meriah, bila semua dibacakan kita akan mendengarkan 9 bacaan dari Kitab Suci Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru. Mulai dari kisah penciptaan sampai puncaknya adalah kebangkitan Kristus. Perayaan Paskah ini diawali dengan Pekan Suci dan dilanjutkan dengan oktaf Paskah. Maka secara meriah dalam Gereja dirayakan selama dua minggu perayaan paskah ini. Pada malam Paskah ini lagu Alleluia mulai dinyanyikan kembali setelah dihentikan sejak rabu abu dalam masa tobat. Artinya malam ini pada hari raya kebangkitan Kristus kita boleh bersukacita memuji Tuhan, bukan hanya boleh tetapi ada keawajiban bagi kita untuk memuji Tuhan yang telah bangkit dengan lagu Alleluia.

Lagu mazmur pertama setelah kisah penciptaan adalah “ Aku wartakan karya agungMu Tuhan karya agungmu karya keselamatan”.  Kebangkitan Kristus adalah jaminan keselamatan bagi kita. Santo Paulus menyebut Yesus sebagai buah sulung dan kita akan mengikutinya.   Kita juga diminta untuk mewartakan kabar keselamatan ini bagi sesama kita. Perayaan malam Paskah diawali dengan menyalakan lilin Paskah yang menjadi simbol bahwa Kristus adalah sang terang yang telah mengalahkan kegelapan hidup umat manusia. Sekarang terang Kristus sudah menyala dalam kehidupan manusia. Sebelum mendengarkan injil tentang kebangkitan kita akan bersama-sama menyanyikan lagu Alleluia dengan sangat meriah. Allelui merupakan lagu pujian untuk memuliakan Allah yang telah bangkit.


Kebangkitan Kristus ini merupakan kemenangan cintaksih yang begitu besar terhadap kuasa dosa, iblis dan kematian. Yang selalu menebar ancaman dan ketakutan pada manusia, tetapi kebangkitannya membuat manusia mempunyai jaminan dalam kehidupannya yang penuh berkat dan cintaksih Tuhan. Karya keselamatan dalam kebangkitan inilah yang harus kita wartakan kepada sesama kita supaya bisa menerima keselamtan dari Kristus. Tanda nyata ada keselamatan biasanya juga ada pembatisan dalam perayaan ini, kalau tidak ada pembabtisan kita akan membaharui janji babtis kita untuk menegaskan kembali bahwa kita sudah menerima keselamatan dari Kristus yang telah bangkit dari mati.

Kata-kata malaikat” Mengapa kamu mencari yang hidup di antara orang mati? Dia tidak ada di sini, Dia sudah bangkit. Ingatlah perkataanya yang telah disampaikanya kepadamu: Putera manusia harus diserahakan ke tangan orang berdosa, disalibkan dan bangkit dari mati”. Itulah kenyataan kebangkitan yang diwartakan oleh para malaikat kepada para murid Yesus yang mencarinya. Dan kebangkitan ini merupakan jaminan keselamatan kita sehinga kita mempunyai alasan untuk bergembira dan bersukacita karena mengalami kasih Allah yang begitu besar. Karya keselamatan itu kita rayakan pada malam ini. Sengasara wafat dan kebangkitan Yesus selalu dihadirkan kembali dalam setiap perayaan Ekaristi yaitu Yesus yang memberikan diriNya untuk keselamatan umat manusia. Malam Paskah ini kita merayakannya dengan sangat meriah kemenangan Kristus untuk menyelamatkan kita. (by. F. Matius Sudiantoto,SDB)

0 comments:

Post a Comment