Friday 1 February 2013

Hendaklah Kamu Sehati Sepikir Dalam Satu Kasih




Hari ini kita merayakan pesta Don Bosco yang menjadi perwujudan nyata kasih Tuhan bagi kaum muda khususnya mereka yang tersisihkan. Don Bosco juga ingin kita semua bisa hidup dalam kasih Tuhan. Maka kalimat dari St. Paulus hendaklah kamu sehati sepikir dalam satu kasih sangat cocok menjadi pesan bagi kita semua dalam menjalani hidup ini; supaya kita bisa menjadi pembawa kasih Tuhan bagi sesama terutama yang terdekat dengan kita. Anggota komunitas dan keluarga kita masing-masing. Kita berkumpul bersama di sini untuk membentuk satu keluarga dalam kasih Tuhan.

Untuk bisa menjadi wujud kasih bagi orang lain lanjut St. Paulus setiap orang harus tidak mencari kepentingan dirinya tetapi kepentingan yang lain, dan dengan rendah hati menganggap orang lain lebih utama. Bahkan harus menjadi seperti Kristus yang rela tampil sebagai manusia lemah dan meninggalkan segala kemuliaanNya yang setara dengan Allah. Inilah seharusnya yang kita jalani dalam hidup kita seperti Yesus yang memberikan seluruh hidupnya karena kasihnya kepada umat manusia.

Dalam injil kita mendengar dari Yesus bahwa wujud kasih itu menjadi nyata dalam dalam tindakan melayani sesama. Yang terbesar hendaklah menjadi pelayan bagi semuanya. Itulah ajaran dan sekaligus teladan yang Tuhan Yesus berikan kepada kita pengikutnya. Kita disebut sebagai orang kristen dari kata Kristus, maka kita harus menjadi seperti Kristus dalam setiap tindakan dan perkataan yang kita wujudkan dalam hidup sehari-hari. Adakah semangat Kristus itu benar-benar menjiwai hidup kita yaitu menaruh pikiran dan perasaan Kristus dalam hidup kita. Kata yang biasa dipakai dalam injil : “Yesus tergerak hatinya oleh belas kasihan”.

Don Bosco dalam seluruh hidupnya menjalankan seperti yang dibuat oleh Yesus selalu tergerak hatinya oleh belas kasihan. Dalam  hal ini Don Bosco secara khusus memang memberi perhatian kepada orang muda yang miskin dan perlu perhatian. Tugas dan karya ini oleh Don bosco diwariskan kepada keluarga salesian yang nucleus memang para SDB sebagai penggerak supaya semua bertindak untuk keselamatan kaum muda. Perayaan pesta hari ini untuk meneguhkan semangat dan karya kita semakin membara dalam memberikan diri bagi kaum muda.

Kita di sini juga bersama banyak orang muda yang nantinya akan menjadi penggerak dalam gerakan besar ini, yaitu para frater dan bruder yang sedang dalam masa pembinaan. Mereka sedang mempersiapkan diri dengan menjalankan studi supaya nanti siap menjadi rasul kaum muda. Maka sangat dibutuhkan dukungan dari kita semua yang hadir di sini. Dalam ekairisti ini mari kita persembahkan diri kita bersama Don Bosco yang telah memberikan dirinya seutuhnya bagi keselamatan kaum muda. Penyerahan dirinya dinyataklan dalam kalimat berikiut :”For you i study, for you work, for you i live and for you i will give my life”. Dengan semangat Don Bosco marilah kita jalani hidup kita untuk kemuliaan Tuhan  dan keselamatan jiwa-jiwa manusia. (by F.Matius Sudiantoro SDB)

0 comments:

Post a Comment