Sunday 30 December 2012

Kesukaan Besar Bagi Seluruh Bangsa



Hari ini kita merayakan Natal kelahiran Tuhan Yesus Sang Emanuel yang membawa kesukaan besar untuk seluruh bangsa. Itulah Yesus yang adalah juruselamat kita datang untuk membawa kesukaan besar. Maka sudah sepantasnya kalau malam ini kita bersukacita dengan satu alasan Yesus datang bagi kita. Bersama para gembala marilah kita bersukacita untuk menyambut sang Emanuel Allah menyertai kita. Inilah kegembiraan yang kita rayakan pada malam natal yang begitu inda dan meriah.

Kemudian muncul pertanyaan kita yang mana disertai Allah?  Karena banyak yang menyalahgunakan kata Emanuel dalam hidup sehari-hari. Seolah kalau sudah bialang Emanuel Allah akan berpihak pada kita dan akan menghukum semua musuh kita. Hitler dan pengikutnya bersemangat Gott mit uns: Allah menyertai kita, ketika berusaha memusnahakn semua bangsa Yahudi. Bahkan Yesus sendiri dihukum mati karena orang farisi dan para imam merasa Allah berpihak kepada mereka. Kita percaya Allah menyertai yang menjadi korban dalam berbagai masalah kehidupan.

Emanuel adalah nama seseorang yang dikutip oleh Matius dari Yesaya “dan mereka akan menamai dia Emanuel yang berarti Allah menyertai kita. Dengan kelahiran Yesus Allah sendiri datang kepada manusia untuk menyertai manusia. Jadi hanya karena Yesus Kristus-lah Allah menyertai kita.  Bukan karena kita di pihak yang benar Allah manyertai kita. Justru kita berada di pihak yang benar karena Yesus datang untuk kita mengakhiri zaman murka Allah dan zaman melawan Allah. Dengan kelahiran Yesus dimulai zaman baru Allah menyertai kita dan bersama kita. 

Dalam nama Emanuel terkandung mutu janji penyertaan dan keberasamaan Allah dangan manusia. Tidak seperti kebersamaan manusia yang kadang bisa digambarkan dengan pepatah “ ada uang abang sayang, tidak ada uang abang melayang” atau bisa juga dangan kalimat hari ini kawan, besok menjadi lawan. Dalam Emanuel penyertaan Allah  untuk manusia itu tanpa batas dan tanapa syarat yaitu menyertai kita. Di sinilah siapa kita ditemukan jawabannya yaitu seluruh bangsa yang menerima kesuakaan besar. Artinya ini semua untuk saya dan untuk anda masing-masing dalam seluruh hidup kita.

Maka marilah  bersama para malaikat kita bernyanyi bersukaria merayakan Natal untuk menyambut Sang Emanuel yang datamh untuk membawa sukacita bagi seluruh bangsa di dunia ini. Kita sudah jelas menerima sukacita itu dengan merayakan Natal ini, tapi kita punya tugas dan kewajiban untuk menjadi pembawa sukacita ini kepada sesama kita, bukan hanya dengan nyanyian gloria tetapi melalui kehidupan kita. Sehingga dimanapun kita hadir dan berada orang bisa bersukacita, karena mengalami sang Emanuel yang hadir dan membawa sukacita bagi seluruh bangsaYang trangkum dalam masmur malam ini” hendaklah langit bersuakcita dan bumi bersorak sorai di hadapan wajah Tuhan karna Dia sudah datang”. Gloria Alleluia.
(by F.Matius Sudiantoro, SDB)

0 comments:

Post a Comment